Silat Sibunder Nage Nyebrang Betawi Punya

Silat si bunder adalah jenis silat yang bertahan dalam satu lingkaran, Jurusnya pun ada jurus kosong untuk tangan di ikat atau tangan buntung. Uniknya meskipun dengan tanpa tangan katanya bisa menjatuhkan lawan. Kekuatan silat ini seperti silat betawi lainya ada pada kuda-kuda. Silat ini juga mirip dengan Judo. 



Ilmu anatomi tubuh adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk, letak, ukuran, dan hubungan berbagai struktur dari tubuh manusia sehat (Wikipedia). Lalu apa hubungannya ilmu anatomi dengan silat.? secara sederhana dan tradisional seorang guru silat telah mengajarkan ilmu ini sejak dulu, dengan bahasa sederhana, dengan gerakan sederhana tetapi dengan perhitungan yang lumayan presisi. Salah satu uraian sederhana yang telah diajarkan adalah “titik jengkalan”, jadi inget omongan aba dulu “betawi klo nyerang ga jauh dari sejengkal” sambil tunjukin titiknya dimulai dari uluhati dijengkalin ke laklakan, ke iga kiri kanan, kebawah puser, sampe lanjut tuh jengkalan ampe muter ke berbagai titik ditubuh.
Kemudian dengan teknik pengajaran inilah para murid-muridnya yang notabene bukan seorang mahasiswa malah pade kagak makan bangku sekolah menjadi paham, mengerti dan bisa mempraktekannya serta terus mengajarkan kepada cucu murid sampai sekarang.


0 Response to "Silat Sibunder Nage Nyebrang Betawi Punya "

Posting Komentar

stat